Minggu, 10 Maret 2013

Walton dan 10 Prinsip Bisnis nya


       Sam Walton adalah sosok pedagang terbesar di bad ke-20. Warisan nya bermula dari sebuah toko barang murah di New-port, Arkansas, dan menjadi sebuah toko eceran terbesar raksasa yang pendapatannya mencapai $380 miliar di tahun 2007. Walton adalah pria yang sangat pintar dan ambisius dibalik penampilan luar nya yang biasa-biasa saja. Seorang hanya perlu menengok ke msa kecil nyauntuk mengetahui bahwa dia adalah seorang pemimpin sejak kecil. Sam Walton adalah seorang pria muda dengan semangat bersaing yang kental, yang bermanfaat bag dirinya sepanjang hidupnya.
       

         Kisah-kisah tentang masa kecilnya bisa jadi sama dengan kisah banyak orang lainnya. Dia tinggal di sebuah kota kecil, lulus dari perguruan tinggisaat bekerja di JC Penny, jatuh cinta, dan menikah. Sam menunaikan tugas nya sebagai tentara ROTC selama Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Sam pindah ke sebuah kota kecil di Arkansas. Pada tahun 1945, Sam memakai uangnya dan ayah mertuanya untuk membeli sebuah toko barang murah di Newport.

       Selama lima belas tahun kemudian, Walton memperluas tokonya menjadi enam belas toko. Sam tetap memegang prinsip nya pada tahun-tahun awaldengan membuka toko di kota-kota kecil. Kota-kota tersebut di pilih karena Walton hanya akan membuka sebuah toko baru jika pengiriman dari pusat distribusi terdekat hanya membutuhkan waktu satu hari. Dengan mempertahankan kantor pusat perusahaan di Arkansas, perusahaan Walton akhirnya mampu menguasai kota-kota kecil.

       Pada tahun 1926, S.S Kresge mendirikan mart, Dayton Hudson membuka Target, dan Woolworthmembuka Woolco. Bagaimanapun juga, Walton tetap berpegang teguh pada rencana awal nya yang memfokuskan pada pasar-pasar kecil dan membiarkan toko-toko diskon yang lain saling mengalahkan di pasar-pasar kota besar.  

      Pada tahun 1991, Wal-Mart memberikan sebuah hadiah indah kepada Walton, sebuah pencapaian yang tak pernah terpikirkan akan terjadi. Hadiah itu adalah pencapaian penjualan Wal-Mart yang mampu mengalahkan Sears sebagai penjual eceran terbesar di seluruh negara. Sepuluh tahun sebelumnya,Wal-Mart hanya bisa mengumpulkan uang penjualan sebesar $2,6 milyar dibanding Sears yang mencapai $20 milyar. Namun pada tahun 1991, penualan Wal-Mart mencapai $32,6 milyar, melampaui penjualan Sears yang sebesar $32 milyar.



     Walton sering bepergan ke toko-toko dan mempelajari para pesaingnya. Ketika dia bepergian untuk urusan bisnisatau bahkan bersama keluarga untuk berlibur, dia akan berhenti di toko apa pun dan mempelajari taktiknya. Kemudian dia menyaring dan memperbaiki ide-ide curiannya, dan mencoba di toko miliknya sehingga perusahaan terus berinovasi. Kemampuan Sam menjaga standar tertinggi dan memastikan semuanya dikerjakan dengan baik merupakan rahasianya mencapai keunggulan dalam operasi, ia sering pergi kerja pukul 04.00 pagi atau sebelumnya sehingga ia bisa meninjau laporan penjualan hari sebelumnya. Pembagian keuntungan padea karyawan juga menjadi motor penggerak yang digunakan Sam untuk kesuksesan Wal-Mart. 

Berikut ini adalah 10 KIAT SUKSES ala Walton yang diterapkan nya selama membangun Wal-Mart :

1.   BERKOMITMEN untuk mencapai sukses dan penuh semangat.

2.   SALING BERBAGI SUKSES dengan mereka yang membantu kita.

3.   MEMOTIVASI diri kita sendiri dan orang lain untuk meraih impian.

4.   BERKOMUNIKASI dengan orang dan menunjukkan kepedulian.

5.   MENGAPRESIASI dan menghargai hasil kerja karyawan.

6.   MERAYAKAN pencapaian diri sendiri dan orang lain.

7.   MENYIMAK orang lain dan belajar dari ide mereka.

8.   MELEBIHI harapan pelanggan dan orang lain.

9.   KENDALIKAN PENGELUARAN dan berhematlah.

10. BERENANG MELAWAN ARUS, berbedalah dan tantanglah kemapanan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar